Kebijakan Privasi
I. KETENTUAN UMUM
1. Albarokah berkomitmen untuk mengupayakan perlindungan kerahasiaan
Data Pribadi Nasabah sesuai dengan ketentuan dalam Kebijakan Privasi
ini dan tidak menggunakan Data Pribadi tersebut untuk tujuan apa pun
selain untuk pemberian fasilitas pembiayaan, pelaksanaan kegiatan
operasional, pemberian Layanan, dan pengoperasian Mobile Banking
dan/atau situs web Bank Albarokah sesuai dengan ketentuan Kebijakan
Privasi ini, dengan ketentuan bahwa hal-hal tersebut tidak berlaku untuk
Data Pribadi yang:
1. Suatu pihak dapat membuktikan bahwa pihak tersebut secara sah
telah memiliki Data Pribadi tersebut sebelum pengungkapannya
oleh pihak tersebut dan tidak diperoleh dari Pihak yang
Mengungkapkan atau pihak lain yang terikat kewajiban untuk
menjaga kerahasiaan informasi yang diperoleh dari Pihak yang
Mengungkapkan;
2. Data Pribadi tersebut telah diketahui publik tanpa melanggar
Hukum yang berlaku;
3. Telah menjadi informasi yang diketahui umum, bukan karena
pelanggaran oleh Pihak yang Menerima atau Perwakilannya;
4. Data Pribadi diperoleh secara sah oleh pihak lain tanpa larangan
kerahasiaan dari sumber-sumber lain;
5. Data Pribadi tersebut disyaratkan untuk diungkapkan oleh perintah
pengadilan, putusan pengadilan, putusan arbiter, instansi
pemerintah, pejabat pemerintah atau menurut Hukum yang
berlaku; dan/atau
6. Data Pribadi yang dapat dibuktikan secara tertulis telah
dikembangkan sendiri oleh pihak yang menerima tanpa
menggunakan Informasi Rahasia yang diungkapkan oleh pihak
yang mengungkapkan.
7. Data Pribadi (antara lain foto, nama, email, nomor handphone dan
lainnya yang Nasabah berikan melalui Mobile Banking) digunakan
untuk keperluan prosedur Know Your Customer (“KYC”)
sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang
berlaku. Sedangkan foto digunakan untuk keperluan foto profil
pengguna pada Mobile Banking.
2. Kebijakan Privasi ini berlaku untuk Mobile Banking dan/atau situs web
Albarokah. Mobile Banking dan/atau situs web Albarokah dapat memuat
tautan ke suatu laman web lain yang tidak dimiliki oleh Albarokah.
Nasabah dianjurkan untuk memahami kebijakan privasi dari laman web
tersebut.
II. RUANG LINGKUP
Ruang Lingkup Data Pribadi meliputi segala data, keterangan, informasi dan
dokumen pengunjung, Nasabah dan/atau pihak terkait Nasabah, pola atau
kebiasaan Nasabah dalam mengakses Mobile Banking dan/atau situs web
Albarokah, profil risiko, riwayat pencarian atau penggunaan Layanan serta
sejarah transaksi yang Nasabah lakukan di Mobile Banking dan/atau situs web
Albarokah (bila ada), dan informasi terkait pola atau kebiasaan lainnya termasuk
data, informasi dan dokumen terkait atau turunannya yang berhubungan dengan
penggunaan Mobile Banking dan/atau situs web Albarokah oleh Nasabah,
termasuk namun tidak terbatas pada Data Pribadi yang:
1. antara lain berupa foto, nama, email, nomor handphone dan lainnya yang
Nasabah berikan melalui Mobile Banking, situs web Albarokah atau media
resmi Albarokah lainnya;
2. dipersyaratkan atau diperoleh Albarokah dari Nasabah atau diserahkan,
disingkapkan, diunduh atau diajukan Nasabah melalui Mobile Banking,
situs web Albarokah atau media resmi Albarokah lainnya;
3. diperoleh dan/atau didapatkan dari pihak ketiga dengan persetujuan dari
Nasabah;
4. dikumpulkan oleh Albarokah ketika Nasabah berpartisipasi dalam acara
yang diselenggarakan oleh atau bekerjasama dengan Albarokah, seperti
festival, seminar, workshop, program kontes atau penghargaan serta
acara lainnya, yang dapat termasuk segala dokumentasi berupa foto,
rekaman video dan/atau suara Nasabah;
5. diperoleh atau diakses secara sah oleh Albarokah berdasarkan kebijakan
dan prosedur internal Albarokah terkait layanan Mobile Banking dan/atau
situs web Albarokah selama Nasabah masih terikat pada Kebijakan
Privasi ini; dan/atau
6. wajib diserahkan atau telah diberikan oleh Nasabah secara menurut
ketentuan suatu Perjanjian antara Nasabah dengan Albarokah atau
secara sukarela dari waktu ke waktu.
III. TUJUAN PENGGUNAAN DATA PRIBADI
1. Albarokah berhak meminta, memperoleh, mengumpulkan, mengolah,
menyimpan, dan menggunakan Data Pribadi Nasabah dan nasabah
setuju untuk memberikan datanya dalam rangka atau terkait dengan
upaya atau tujuan:
1. mengelola akurasi informasi yang Nasabah berikan;
2. asesmen, analisis, verifikasi, validasi atau pemeriksaan profil
Nasabah terhadap setiap permohonan pendaftaran yang diajukan
oleh Nasabah untuk mendapatkan Layanan;
3. pemenuhan hak dan kewajiban Albarokah berdasarkan ketentuan
hukum dan peraturan perundang-undangan, serta apabila terdapat
suatu Perjanjian antara Nasabah dengan Albarokah;
4. pelaksanaan dan pengawasan atas pelaksanaan suatu Perjanjian
antara Nasabah dengan Albarokah;
5. pelaksanaan kegiatan operasional Albarokah dari waktu ke waktu
dengan itikad baik;
6. survey, riset, evaluasi dan/atau pengembangan produk atau
Layanan dan/atau Afiliasinya serta pihak terkait yang
berkepentingan; dan/atau
7. menghubungi Nasabah melalui media komunikasi pribadi
mengenai pemasaran produk, layanan dan/atau program promosi
dari Albarokah dan/atau Afiliasinya apabila disetujui Nasabah;
8. Pemberitahuan terkait perubahan layanan-layanan yang diberikan
Albarokah
9. mempelajari perilaku nasabah..
2. Tujuan-tujuan di atas tetap menjadi landasan bagi Albarokah untuk
menyimpan, mengolah dan menggunakan Data Pribadi Nasabah yang
diatur pada Kebijakan Privasi ini, dan untuk menggunakannya,
menyerahkannya atau mengungkapkannya dengan itikad baik kepada:
1. bank, biro pemeringkat kredit, agen, mitra, atau penyedia jasa
penunjang lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada jasa
perbankan, penagihan, pengiriman dana, administrasi, surat
menyurat, telekomunikasi, pusat telepon, proses bisnis, perjalanan,
visa, manajemen pengetahuan, sumber daya manusia, proses
data, teknologi informasi, komputer, pembayaran, pengumpulan
hutang, pengecekan referensi kredit, atau keamanan atau jasa lain
yang berkepentingan selama terikat pada suatu tanggung jawab
kerahasiaan atas Data Pribadi Nasabah;
2. Individu dan/atau entitas yang merupakan pihak ketiga lainnya
yang terkait atau merupakan bagian dari Albarokah yang telah
sepakat untuk menjaga dan bertanggung jawab atas kerahasiaan
Data Pribadi Nasabah untuk tujuan tertentu; dan/atau
3. Individu dan/atau entitas, termasuk namun tidak terbatas pada
Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, pengadilan, kejaksaan,
kepolisian, instansi pemerintah lainnya baik atas inisiatif Albarokah
atau sebagaimana diwajibkan oleh ketentuan hukum dan peraturan
perundang-undangan, arahan, instruksi atau kebijakan institusi
pemerintah atau pejabat pemerintah;
IV. AKSES PERANGKAT DAN DATA PRIBADI
1. Albarokah berhak mengakses Perangkat (termasuk perangkat komputer)
Nasabah untuk memperoleh, mengumpulkan dan menyimpan Data
Pribadi (secara terenkripsi) dari dan/atau melalui Mobile Banking, situs
web Albarokah, telepon, diperoleh dari alat, sistem atau sumber daya
Albarokah, dari pihak ketiga berdasarkan persetujuan Nasabah (termasuk
namun tidak terbatas pada lembaga atau biro pemeringkat kredit), afiliasi
atau pihak terkait maupun perwakilan Albarokah, maupun diakses
Albarokah atau diajukan oleh Nasabah melalui atau diperoleh dari sistem,
perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) atau peralatan
(devices) yang Albarokah atau Nasabah gunakan atau terlibat dalam
pemanfaatan Layanan, Mobile Banking dan/atau situs web Albarokah.
2. Akses pada Perangkat (termasuk perangkat komputer) dan data yang
diperoleh oleh Albarokah, termasuk namun tidak terbatas pada dan/atau
melalui:
1. Ruang Penyimpanan pada Perangkat (termasuk perangkat
komputer);
2. Akses pada Kamera dan Audio pada Perangkat (termasuk
perangkat komputer) Nasabah;
3. Akses Lokasi;
4. Akses log Panggilan.
3. Penyimpanan Data Pribadi oleh Albarokah adalah selama paling singkat 5
(lima) tahun sesuai ketentuan 15 ayat (3) Peraturan Menteri Komunikasi
dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi
Dalam Sistem Elektronik. Albarokah akan melakukan penyimpanan ini
sesuai kebijakan atau diskresinya, baik melalui sistem Albarokah atau
sistem, server atau database pihak lain atau penyedia jasa pihak ketiga
lain yang bekerjasama dengan Albarokah ("Penunjukan Pihak Ketiga
Untuk Penyimpanan Data Pribadi") dengan tetap mengutamakan
kerahasiaan atas Data Pribadi Nasabah.
V. INFORMASI YANG HARUS DIJAGA
1. Informasi berupa Nama Nasabah, Kata Sandi, OTP (One Time
Password), dan PIN akan dibutuhkan untuk login, aktivasi Perangkat, dan
mengeksekusi setiap transaksi yang menurut Albarokah dibutuhkan
sebagai tujuan otentikasi. Nasabah harus memastikan untuk menentukan,
menetapkan, dan menggunakan Kata Sandi dan PIN yang kuat serta tidak
menggunakan Kata Sandi dan PIN yang mudah ditebak seperti tanggal
lahir dan alamat. Penggunaan Kata Sandi dan PIN seperti di atas tersebut
akan dianggap sebagai Kelalaian Nasabah yang akan
dipertanggungjawabkan oleh Nasabah secara penuh terhadap keamanan
dan kerahasiaan seluruh penggunaan Mobile Banking dan/atau situs
web Albarokah.
2. Nasabah bertanggung jawab sepenuhnya atas kerahasiaan Informasi
keamanan milik Nasabah, karena informasi tersebut memiliki keberlakuan
setara dengan instruksi tertulis yang ditandatangani oleh Nasabah, dan
akan diperlakukan sebagai otorisasi eksplisit oleh Nasabah agar
Albarokah melaksanakan transaksi melalui Mobile Banking, situs web
Albarokah dan/atau Layanan lainnya.
3. Dalam penggunaan Data Biometrik untuk login di Mobile Banking,
Nasabah harus:
1. menjadi Nasabah Albarokah yang terverifikasi KYC oleh Albarokah;
2. telah mengunduh aplikasi Mobile Banking di Perangkat miliknya;
3. mempunyai setidaknya satu Data Biometrik yang terdaftar di
Perangkat.
4. Jika Nasabah ingin melakukan login menggunakan Data Biometrik,
Nasabah harus mengaktifkan layanan ini setelah berhasil membuat
Rekening atau dari menu pengaturan profil di dalam Mobile Banking.
5. Setelah fitur Data Biometrik diaktifkan, Nasabah dapat melakukan login
dan mengakses rekening dengan menggunakan biometric scanner yang
terdapat di Perangkat Nasabah.
6. Albarokah tidak bertanggung jawab apabila terjadi penyalahgunaan oleh
pihak lain yang Data Biometriknya turut terdaftar dalam Perangkat
Nasabah.
7. Nasabah dapat menonaktifkan fitur login menggunakan Data Biometrik
setiap saat melalui menu pengaturan yang tersedia di Mobile Banking.
8. Nasabah mengetahui dan menyetujui bahwa Albarokah tidak
menanggung atau menjamin, baik secara langsung maupun tidak
langsung, terkait dengan penggunaan login Data Biometrik dan atau
Mobile Banking, yang disebabkan oleh, namun tidak terbatas pada:
1. Tahapan login menggunakan Data Biometrik atau Mobile Banking
telah memenuhi persyaratan; atau
2. login menggunakan Data Biometrik atau Mobile Banking akan
selalu tersedia, dapat diakses ataupun berfungsi dengan jaringan
infrastruktur, sistem atau Layanan lain yang Albarokah tawarkan
dari waktu ke waktu.
9. Albarokah tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang dialami
Nasabah sehubungan dengan login menggunakan Data Biometrik, baik
secara sengaja atau tidak sengaja, atau menggunakan Mobile Banking,
bahkan jika Albarokah telah memberitahukan kemungkinan kerugian yang
dialami, termasuk timbulnya kerugian dari:
1. pelanggaran ketentuan Albarokah terkait proses login
menggunakan Data Biometrik pada Mobile Banking.
2. terjadinya suatu proses akses yang tidak terotorisasi dan/atau
penggunaan dari perangkat elektronik secara tidak sah.
3. penggunaan dalam segala bentuk oleh pihak lain terhadap
informasi atau data yang berhubungan dengan Nasabah karena
menggunakan login dengan Data Biometrik pada Mobile Banking
dan/atau diperoleh dari penggunaan Nasabah ketika Signing-in
melalui Login menggunakan Data Biometrik atau melalui Mobile
Banking.
4. akses ke Mobile Banking dengan login menggunakan Data
Biometrik oleh pihak lain selain Nasabah.
5. segala kejadian diluar pengendalian Albarokah atau karena
penggunaan yang tidak wajar; dan/atau terjadinya pemutusan atau
penghentian pada saat login menggunakan Data Biometrik pada
Mobile Banking.
VI. PERNYATAAN DAN JAMINAN
1. Nasabah dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa segala informasi
serta Data Pribadi yang diungkapkan dan diserahkan kepada Albarokah
adalah benar dan akurat.
2. Nasabah dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Nasabah telah
mendapatkan segala persetujuan yang dibutuhkan dari pihak terkait
sebagaimana disebutkan dalam Kebijakan Privasi ini, dalam hal Nasabah
mengungkapkan, menyerahkan informasi maupun Data Pribadi milik pihak
terkait tersebut untuk tujuan pemanfaatan Layanan, sehingga Albarokah
dapat memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan
menggunakan Data Pribadi tersebut untuk Tujuan sebagaimana
dijabarkan dalam Poin III Kebijakan Privasi ini.
VII. BATASAN DAN GANTI RUGI
Albarokah berkomitmen untuk tidak memperjual-belikan Data Pribadi Nasabah
kepada pihak manapun, dan termasuk mengupayakan sewajarnya bahwa setiap
karyawan dan afiliasinya tidak terlibat dalam kegiatan jual beli Data Pribadi
Nasabah kepada siapapun. Namun Albarokah tidak bertanggung jawab atas
kerugian yang dialami Nasabah dalam wujud apapun termasuk resiko kerugian
yang diakibatkan atau terkait dengan Data Pribadi tersebut meliputi kegagalan
atas perlindungan kerahasiaan Data Pribadi, penyerahan, akses, perolehan,
pengolahan, penyimpanan atau penggunaannya maupun pengalihannya,
termasuk sengketa, investigasi, audit, penegakan hukum dan proses
penyelidikan apapun, yang tidak terbukti disebabkan atau melibatkan Albarokah
maupun karyawan, perwakilan, kuasa, afiliasi atau pihak terkait Albarokah
lainnya ("Kerugian dan Masalah Hukum"). Demi kejelasan, kepastian hukum dan
transparansi:
1. Albarokah tidak akan memberi ganti rugi, merespon dan tidak dapat
dilibatkan, berikut karyawan, anak perusahaan, afiliasi atau
perwakilannya, atas setiap klaim, tuntutan, permintaan atau pernyataan
apapun yang timbul dari atau terkait Kerugian dan Masalah Hukum yang
diajukan tanpa menyertakan perhitungan pasti yang telah dikuantifikasi,
akurat dan dapat dipertanggungjawabkan atas kerugian riil dan langsung
(factual and direct damage) yang Nasabah Albarokah alami, berikut bukti
yang dapat diterima di oleh pengadilan atau institusi yudisial terkait
mengenai kesalahan atau kelalaian Albarokah berdasarkan Pasal 1865
dan 1866 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Pasal 164 Het Herziene
Indonesisch Reglement dan Pasal 5 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang sebagaimana diubah dengan Undang - Undang
Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik;
2. Albarokah tidak bertanggung jawab atas akurasi (kecuali Data Pribadi
yang telah terverifikasi oleh Albarokah sesuai kebijakannya), keabsahan,
legalitas dan kelengkapan Data Pribadi Nasabah dan tidak diwajibkan
untuk memberitahu Nasabah atau pihak manapun perihal tersebut kecuali
diwajibkan secara hukum; dan
3. Albarokah tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hukum Nasabah
atau hak pihak ketiga manapun akibat atau terkait perolehan atau
pemberian Data Pribadi. Dalam hal terdapat penunjukan pihak ketiga
untuk penyimpanan Data Pribadi, maka Nasabah tidak dapat menuntut,
meminta ganti rugi atau manfaat apapun dari Albarokah maupun
karyawan, kuasa, perwakilan, afiliasi atau pihak terkait Albarokah dalam
hal terjadi pelanggaran kerahasiaan atau kegagalan perlindungan rahasia
Data Pribadi atau Kerugian dan Masalah Hukum hukum yang melibatkan,
disebabkan atau dilakukan pihak ketiga penyimpan Data Pribadi yang
bersangkutan. Namun demikian, Albarokah tetap akan berupaya
sewajarnya untuk memberitahu Nasabah perihal pelanggaran
kerahasiaan tersebut ketika Albarokah mengetahuinya dari pihak ketiga
tersebut.
VIII. HAK NASABAH UNTUK MENGUBAH, MENAMBAH, MEMPERBAHARUI
DAN/ATAU MENGHAPUS DATA PRIBADI
1. Untuk memastikan akurasi, keterbaruan dan penggunaan Data Pribadi
Nasabah, maka Nasabah dapat mengajukan permohonan kepada
Albarokah untuk tujuan perubahan, penambahan, pembaruan dan
penghapusan Data Pribadi yang sebelumnya telah diperoleh atau
diajukan pada Albarokah.
2. Penghapusan Data Pribadi oleh Albarokah akan dilakukan dalam hal
Nasabah melakukan penarikan persetujuan atas pemrosesan Data
Pribadi yang dimilikinya dan/atau dalam hal Nasabah meminta Albarokah
untuk menghapus Data Pribadi terkait, dengan tetap tunduk pada
peraturan perundang - undangan yang berlaku.
3. Perubahan, penambahan, pembaharuan dan penghapusan Data Pribadi
sebagaimana dimaksud angka 1 diatas akan ditindaklanjuti sesuai dengan
prosedur internal Albarokah yang tahapannya adalah sebagai berikut:
1. Permohonan perubahan, penambahan, pembaharuan dan/atau
penghapusan Data Pribadi oleh Nasabah wajib disampaikan
melalui telepon dan/atau live chat kepada Albarokah melalui
Sahabat Albarokah;
2. Sahabat Albarokah melakukan verifikasi atas permohonan tersebut
dalam kurun waktu yang tidak melebihi 3 (tiga) hari kerja setelah
diterimanya permohonan perubahan, penambahan, pembaharuan
dan/atau penghapusan;
3. Sahabat Albarokah memberikan informasi kepada Nasabah atas
disetujui atau tidak disetujuinya permohonan setelah dilakukannya
verifikasi;
4. Albarokah melakukan perubahan, penambahan, pembaharuan
atau penghapusan Data Pribadi yang diminta dalam jangka waktu
yang tidak melebihi 3 (tiga) hari kerja setelah Sahabat Albarokah
menyampaikan kepada Nasabah bahwa permohonan untuk
perubahan, penambahan, pembaharuan atau penghapusan telah
disetujui; dan
5. Sahabat Albarokah akan menyampaikan kepada Nasabah terkait
perubahan, penambahan, pembaharuan, atau penghapusan Data
Pribadi yang telah dilakukan.
IX. PERUBAHAN KEBIJAKAN PRIVASI
Albarokah berhak melakukan perubahan atau pembaruan atas Kebijakan Privasi
pada halaman ini dari waktu ke waktu dan apabila diperlukan perubahan atau
pembaruan tersebut akan diberitahukan dengan segera kepada Nasabah melalui
media resmi Albarokah. Nasabah disarankan untuk membaca dengan cermat,
teliti, dan seksama serta memeriksa setiap ketentuan-ketentuan yang diatur
dalam Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui setiap
perubahan yang dibuat dalam Kebijakan Privasi ini.
X. KEBIJAKAN VERIFIKASI IDENTITAS NASABAH
Sehubungan dengan verifikasi identitas untuk tujuan Mobile Banking dan/atau
Rekening dan/atau Rekening Pribadi, Data Pribadi Nasabah berupa data
demografi dan/atau Data Biometrik akan diperiksa kesesuaiannya, oleh pihak
lain yang Albarokah tunjuk sebagai mitra Albarokah (“Mitra Albarokah Lainnya”),
dengan data yang tercatat pada sistem instansi pemerintahan yang berhak
mengeluarkan identitas tersebut. Apabila Data Pribadi Nasabah terverifikasi
kesesuaiannya, maka Mitra Albarokah Lainnya sebagai Penyelenggara
Sertifikasi Elektronik tersertifikasi oleh Kementerian Telekomunikasi dan
Informasi, akan menerbitkan sertifikat elektronik sebagai bukti bahwa Data
Pribadi Nasabah telah diverifikasi dan sesuai dengan data yang tercatat pada
sistem instansi yang berhak mengeluarkan identitas tersebut.
Oleh karenanya, Nasabah menjamin keakuratan Data Pribadi yang Nasabah
sediakan dan setuju atas pemrosesan Data Pribadi Nasabah tersebut untuk
tujuan penerbitan sertifikat elektronik serta layanan lain yang melekat pada
sertifikat elektronik yang dilakukan oleh Mitra Albarokah Lainnya.
KEBIJAKAN COOKIE
I. Apa Yang Dimaksud Dengan Cookie?
Cookie adalah file teks yang berisi sejumlah informasi yang akan diunduh ke
perangkat Nasabah setelah Nasabah mengunjungi sebuah Mobile Banking
dan/atau situs web. Setelah itu, cookie dikirim kembali ke Mobile Banking
dan/atau situs web asalnya dalam setiap kunjungan berikutnya, atau ke Mobile
Banking dan/atau situs web lain yang mengenali cookie tertentu tersebut.
Cookie bermanfaat karena memungkinkan Mobile Banking dan/atau situs web
untuk mengenali perangkat Nasabah. Informasi selengkapnya tentang cookie
dapat ditemukan di: www.allaboutcookies.org. Cookie memiliki banyak fungsi
berbeda, misalnya, memungkinkan Nasabah bernavigasi di antara halaman
secara efisien, mengenali preferensi Nasabah, dan meningkatkan keseluruhan
pengalaman Nasabah. Cookie juga dapat membantu memastikan iklan yang
Nasabah lihat secara online lebih relevan dengan minat Nasabah. Informasi
selengkapnya tentang cookie dapat ditemukan di www.allaboutcookies.org.
II. Apa Tujuan Albarokah Menggunakan Cookie?
Cookie digunakan untuk meningkatkan keseluruhan pengalaman penelusuran.
Albarokah juga menggunakan cookie untuk mengukur performa Mobile Banking
dan/atau situs web, dan cara pengunjung bernavigasi dalam Mobile Banking
dan/atau situs web. Tidak ada informasi pengenal pribadi yang dikumpulkan oleh
cookie di Mobile Banking dan/atau situs web. Dalam bagian berikutnya,
Albarokah memberi informasi selengkapnya tentang cara menonaktifkan atau
mengaktifkan cookie ini dan dampak penonaktifan pada pengalaman
penelusuran Nasabah.
III. Jenis Cookie Yang Digunakan
Dua jenis cookie yang mungkin digunakan di Mobile Banking dan/atau situs web:
"cookie sesi" dan "cookie permanen". Cookie sesi adalah cookie sementara yang
tetap berada di perangkat hingga Nasabah meninggalkan Mobile Banking
dan/atau situs web. Cookie permanen akan tetap berada di perangkat dalam
waktu jauh lebih lama atau hingga Nasabah menghapusnya secara manual
(berapa lamanya cookie berada di perangkat akan tergantung pada durasi atau
"masa pakai" cookie tertentu tersebut).
IV. Cookie Pihak Ketiga
Albarokah juga menggunakan beberapa pemasok yang mungkin juga mengatur
cookie di perangkat Nasabah atas nama Albarokah saat Nasabah mengunjungi
Mobile Banking dan/atau situs web. Mengatur cookie ini memungkinkan mereka
memberikan layanan yang disediakan. Jika Nasabah menginginkan informasi
selengkapnya tentang cookie ini, serta informasi tentang cara menghentikan
penerimaan cookie semacam ini, silakan lihat kebijakan privasi mereka.
Cookie yang Digunakan untuk mengukur dan menilai penggunaan Mobile
Banking dan/atau situs web:
GoogleAnalytics
1. Persyaratan Layanan Google Analytics (Versi Indonesia)
https://www.google.com/analytics/terms/id.html
2. Kebijakan Privasi Google
https://policies.google.com/privacy?hl=id&gl=ZZ
V. Bagaimana Cara Menonaktifkan Atau Mengaktifkan Cookie?
1. Menonaktifkan Semua Cookie
Nasabah dapat menerima atau menolak cookie dengan mengubah
pengaturan perangkat Nasabah. Namun, Nasabah tidak akan dapat
menggunakan semua fitur interaktif Mobile Banking dan/atau situs web
jika cookie dinonaktifkan.
2. Menonaktifkan Setiap Cookie yang Dipilih
Tautan di bawah ini akan menjelaskan bagaimana Nasabah dapat
menghentikan penyediaan informasi ke beberapa alat tertentu. Meski
demikian, harap diingat bahwa meskipun Nasabah memilih untuk
menghapus informasi yang terkait dengan cookie, penggunaan Nasabah
akan produk dan/atau Layanan yang disediakan oleh Albarokah mungkin
dibatasi.
Google Inc
https://support.google.com/analytics/answer/181881?hl=id
PENUTUP
Dengan ini nasabah menyatakan bahwa telah membaca, memahami dan menyetujui isi
dari kebijakan privasi ini dan juga sepakat untuk memberikan data-data pribadinya
kepada Albarokah untuk digunakan sesuai dengan syarat dan ketentuan diatas.